pusing-belajar-qa
Photo by Tim Gouw from Pexels

Saya Software Quality Tester baru, bagaimana cara saya memulai?

Salam kenal

Hai.. Senang sekali mendengarnya, selamat datang di dunia yang penuh tantangan, saya bisa merasakan aroma penasaran dari kamu :) memang betul mempelajari software testing akan sangat menarik dan penuh lika-liku, tapi tenang saja kamu berada di sumber yang (semoga saja) tepat. 😅


Overdosis informasi

Dengan adanya internet seharusnya semua akan lebih mudah belajar dan cepat menguasainya, tapi nyatanya banyak juga loh artikel sampah yang malah bikin kamu bingung, apalagi dalam tahap pemula, kamu akan dihadapi dengan banjirnya informasi yang akan bikin kamu merasa terlalu banyak yang harus dipelajari sekaligus. Tanamkan pemikiran "Ga semua yang di internet itu benar" kadang apa yang kita gugling belum tentu baik untuk diimplementasi ke kita juga. Jangan puas dari apa yang dituliskan disitu, tetaplah kritis bertanya.

Hmmm.. Maka dari itu saya akan coba runut kan apa saja sebenernya yang bisa kamu pelajari di awal karir sebagai tester, kebanyakan materi yang saya bagikan nanti adalah buku ataupun online course (video), karena menurut saya ini adalah materi terbaik, dimana kamu belajar secara runut dan bertahap, tidak seperti dari posting blog ataupun stackoverflow result yang memiliki informasi tercecer dan langsung ke intinya.

belajar yuk
source: https://www.pexels.com/photo/man-using-ballpoint-pen-374820/

Rekomendasi materi belajar Software Quality

Disclaimer: ini subjektif pengalaman saya (@fahcrulCH) saja ya, mungkin tidak lengkap karena memang pengetahuan dan bacaan saya terbatas :) mohon informasinya apabila teman-teman punya referensi bagus, oh iya list ini pun akan sering saya update ketika menemukan sumber baru yang relevan

Oke, kita mulai belajar dari mana nih?

Hmm sepengalaman saya, belajar bareng itu lebih asyik daripada belajar sendiri, maka dari itu kita harus join ke komunitas agar bisa interaksi tanya jawab juga dengan orang lain yang sudah pengalaman

Saya sudah join di komunitas diatas, dan beberapa kesempatan juga sudah tanya ini-itu, lalu apa lagi?

Nah kali ini kita masuk ke pembelajaran bagaimana menjadi seorang tester yang mumpuni, tentu ada berbagai latihan untuk mengasah jurus-jurus jitu dalam menjaga dunia aplikasi tetap kondusif dan prima di user.

Satu hal lagi, akan lebih baik kalo kamu mempersiapkan untuk mengambil sertifikasi ISTQB (mahal sih, tapi minimal memahami konsep nya), untuk belajar ISTQB bisa melalui:

Sebenarnya saya males baca sih, ada cara lain buat belajar?

oke saya paham, memang cara belajar setiap orang bisa beda-beda, ada yang visual, audio, bahkan kinetik, ada sih beberapa hal rekomendasi untuk belajar selain membaca seperti:

Tapi saran saya sih tetap mempelajari lewat buku, ga mesti harus full satu buku dibaca semua kok, kita bisa lihat daftar isi terus lompat ke topik yang paling menarik buat dipelajari, atau metode membaca secara scanning biar cepat, karena faktanya "too many books, so little time" 

Rekomendasi materi belajar Software Quality Engineer (QA Automation)

Materi berikut adalah pengembangan dari materi diatas (manual QA) dimana kamu sudah mulai familiar dengan exploratory testing dan mengerti apa yang harus di uji secara manual, lalu ingin mengembangkan karir menjadi seorang Software Quality Engineer / Software Development Engineer in Test (SDET)

Bagaimana menjadi Software Quality Engineer (SDET) ?

Emang udah lancar testing manual? kalo begitu mari kita belajar automation agar kita bisa mendelegasikan komputer untuk melakukan checking

Oh iya, untuk menguasai automation, tentu kita harus bisa ngoding, minimal ngerti algoritma, percabangan, pengulangan, ya kurang lebih basic bahasa pemrograman dahulu, baru lanjut ke implementasi tools automation (yang umumnya ngoding script selenium)

Konsep:

Kursus pemrograman (jurus dasar koding):

Automation tools:

 Mantap, saya sudah menguasai kebanyakan tools diatas, bahkan sekarang saya sudah memimpin tim QA loh, adakah yang bisa saya pelajari lagi?

Wuiih hebat, tentu ada, jangan berhenti belajar ya, karena tidak tahu belajar apa artinya stagnan, maka dari itu yuk kita pelajari lebih jauh bagaimana mengatur tim kita.

This article was updated on 18 Feb 2019

Comments